Headlines News :
Home » » Selfie Tak Baik Untuk Kesehatan Mental

Selfie Tak Baik Untuk Kesehatan Mental

Written By Unknown on Kamis, 24 April 2014 | 03.12




Selfie seringkali diartikan sebagai aktivitas memotret diri sendiri atau narsisme. jika ditelusuri lebih dalam pengertian ‘Selfie’  adalah “sebuah pengambilan foto diri sendiri melalui smartphone atau webcam yang kemudian diungguh ke situs web media sosial.”

Memfoto diri sendiri alias selfie, kemudian mengunggahnya di jejaring sosial belakangan ini sedang populer. Namun sebaiknya jangan jadikan aktivitas ini sebagai kebiasaan jika tak ingin kesehatan mental anda terganggu.
Dikutip dari BBC, menghabiskan banyak waktu untuk mengunggah foto dan mengamati foto-foto orang lain secara berlebihan bisa membuat seseorang, khususnya wanita, merasa insecure atau tidak aman terhadap citra tubuhnya sendiri. Ini tentu akan berpengaruh terhadap mentalnya kelak, terutama jika berhubungan dengan kondisi tubuh.

Dalam studi yang dilakukan oleh salah satu university Of Strathclyde, Ohio University dan University Of Lowa ini juga menyimpulkan bahwa
"semakin banyak wanita melakukan selfie dan menggugahnya di media sosial, maka semakin mereka merasa dirinya negatif".
Untuk membuktikan kesimpulan tersebut, para peneliti dari ketiga Universitas tadi melakukan survei terhadap 881 mahasiswi di Amerika Serikat. Responden ini harus menjawab pertanyaan tentang frekuensi penggunaan media sosial, pola makan dan olahraga, serta citra tubuh masing-masing.
Hasil penelitian yang dipresentasikan pada sebuah konferensi di Seattle, tidak menemukan adanya hubungan antara kebiasaan selfie dan mengunggahnya di media sosial dengan gangguan makan.
Namun justru ditemukan adanya keterkaitan antara banyaknya waktu yang dihabiskan untuk mengamati foto-foto media sosial dan perbandingan negatif citra tubuh.

Semakin banyak waktu yang di habiskan wanita untuk melihat-lihat foto teman-temannya di media sosial, maka semakin mereka dibandingkan tubuhnya sendiri dengan orang lain. Ini tentu akan membuat mereka merasa negatif tentang penampilannya.
" Menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial tidak berhubungan dengan pola makan, tapi justru mengarah pada citra tubuh yang buruk,"
Citra tubuh adalah pengertian seseorang terhadap identitas dirinya sendiri, terutama tentang cara pandangannya terhadap kondisi fisik. Mereka yang masih berusia muda biasanya membandingkan diri mereka dengan foto-foto orang lain di media sosial. Yang berbahaya, mereka pada akhirnya merasa bersalah jika tubuh mereka tak seperti yang mereka lihat dari orang lain pada media sosial.

Berita Menarik Lainnya : Pencakar Langit
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Inspirasi Bersama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger